Pada 4-5 September 2021, Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Sidang Tanwir II

Haedar Nashir
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengumumkan pada 4–5 September 2021, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah akan menyelenggarakan sidang Tanwir II. Menurutnya, Tanwir Muhammadiyah kali ini akan fokus membahas rangkaian persiapan Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48 di Surakarta, Jawa Tengah.

Rencananya, Tanwir II ini akan mengambil tema ‘Optimis Hadapi Covid-19 Menuju Sukses Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta’. Haedar menjelaskan bahwa hantaman Covid-19 kian gencar membombardir telah menggerus rasa optimisme semua pihak. Ibarat benteng, harus diperkuat. Jangan dibiarkan rubuh.

Karenanya, tema optimis diangkat kembali dengan beberapa alasan, di antaranya ikhtiar membangun harapan baru bagi masyarakat secara luas. Meski masih kabur kapan pandemi ini berakhir, merawat ikhtiar dan harapan baru merupakan langkah yang tepat untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Kita ingin membangun pengharapan baru bagi seluruh warga Muhammadiyah dan rakyat Indonesia bahwa meskipun kita belum bisa memastikan kapan pandemi ini berakhir, kita harus terus mengoptimalkan ikhtiar, baik yang bersifat rasional-ilmiah maupun dalam usaha-usaha lainnya yang bersifat spiritual-ruhani,” ujar Haedar.

Selain itu juga menumbuhkan optimisme untuk seluruh tenaga kesehatan, relawan, dan semua yang berada di garda depan sekaligus benteng terakhir. Kalau mereka berguguran di medan laga melawan pandemi Covid-19, maka tidak ada lagi yang dapat diharapkan untuk membendung wabah global.

“Pengorbanan mereka harus didukung penuh dengan tidak melakukan hal-hal yang gegabah seperti tidak mematuhi protokol kesehatan, dan lain-lain,” pungkasnya. (Andi)