Refleksi Milad 89 Tahun Pemuda Muhammadiyah

Cak Nanto (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah)
Cak Nanto (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah)

Semenjak kelahirannya Pemuda Muhammadiyah memiliki amanah untuk menghimpun, membina serta menggerakkan potensi pemuda islam guna mencetak kader Persyarikatan sekaligus kader umat dan bangsa.

89 tahun sudah Pemuda Muhammadiyah berkiprah, peran serta target gerakan dakwah harus makin luas dan impactfull.  ‘Meneguhkan Pemuda Negarawan’ sebuah tema sekaligus menjadi penanda bahwa kapal besar ini siap berlayar di samudera dakwah yang lebih luas.

Sebagaimana Muhammadiyah yang telah banyak memepersembahkan tokoh negarawan untuk bangsa ini, maka asa untuk menghadirkan Negarawan Muda melalui Rahim Pemuda Muhammadiyah akan senantiasa terpatri menjadi spirit kolektif kami sebagai kader Persyarikatan.

Dunia selalu melahirkan Negarawan. Ia tidak hadir tiba-tiba turun dari langit (take for granted), apalagi seperti menunggu wangsit. Kenegarawan dapat dibentuk dengan belajar berintegritas sejak dini, menjalani perjuangan kebangsaan yang tinggi dan kesediaan diri memberi solusi bagi negeri.

Selamat Milad gerakanku, mari kita asah wawasan dan perluas horizon pergaulan dengan pandangan islam berkemajuan. Hormat saya bagi seluruh Kader Pemuda Muhammadiyah dimanapun berada.

*(Tulisan ini adalah pandangan pribadi)

Oleh : Sunanto
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah