Resmikan Kantor, DEEP Depok Beberkan 4 Agenda Strategis

DEEP memberi kenang-kenangan kepada Wakil Walikota Depok
DEEP memberi kenang-kenangan kepada Wakil Walikota Depok

DEPOKNETWORK.COM – Kantor Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Kamis (15/4/21), di Jalan Raya Keadilan No. 11, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Kota Depok resmi dilaunching, kegiatan tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Depok H. Imam Budi Hartono.

Selain Wakil Wali Kota Depok hadir juga Direktur DEEP Indonesia Yusfitriadi, Kordinator DEEP Depok Fajri Syahid, Dewan Pembina DEEP Kota Depok Sulung Hawari dan Ahmad Tamami Husein, Tokoh Muhammadiyah Kota Depok H. Ali Wartadinata, Komisioner KPU Kota Depok Jayadin dan ASF Habibi, Komisioner Bawaslu Kota Depok Dede Slamet Permana, Rekan-rekan Media serta Tokoh Muda OKP dari IPM dan SEMMI.

Dalam sambutannya, Koordinator DEEP Kota Depok, Fajri Syahid membeberkan empat agenda startegis DEEP sebagai NGO di Kota Depok.

“Kita akan fokus kepada empat agenda strategis dimana kita sebagai salah satu NGO yang ada di Kota Depok, pertama kegiatan kita adalah untuk meningkatkan kapasitas anak muda melaui sebuah kajian dan penelitian”, kata Fajri Syahid kepada Redaksi Depok Network.

Dia melanjutkan, kajian dan penelitian ini  jarang sekali NGO-NGO kemudian juga organisasi civil society yang serius disini, banyak yang hanya melahirkan orang-orang populer saja tapi tidak mengkaji isu-isu dan masalah-masalah di Kota Depok secara komprehensif untuk pada akhirnya bisa ditemukan solusinya dari kajian-kajian tersebut.

Fajri juga menyebutkan kegiatan kedua yakni kegiatan-kegiatan sosial di Kota Depok, gerakan-gerakan sosial di masyarakat ini bagian dari agenda strategis taktis kita.

“Kedua tentu adalah kegiatan-kegiatan sosial di kota Depok adalah bagian dari gerakan-gerakan sosial masyarakat untuk menyeimbangkan itu maka dari itu gerakan-gerakan sosial masyarakat ini bagian dari agenda strategis taktis kami, implementasi gerakan sosial sebagai bagian dari agenda strategis taktis kami melalui advokasi media tentunya dan juga advokasi kebijakan publik pemerintahan Kota Depok”, jelasnya.

Dia menambahkan, segmen dan slogan kami akan mengkaji kebijakan-kebijakan publik pemerintah kota Depok apabila kebijakannya itu pro kepada rakyat tentu kami akan mengapresiasi, sebaliknya tentu kami akan mengkritisi paling depan terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang nantinya diselenggarakan apabila tidak pro rakyat, kami siap di Kota Depok menjadi penyeimbang dan pengawas serta membantu masyarakat khususnya untuk kepanjangan tangan masyarakat kemudian penyambung suata masyarakat kepada Pemerintah Kota Depok.

Selain itu Fajri juga mengungkapkan kegiatan ketiga fokus kepada kemandirian ekonomi, harapannya DEEP Kota Depok sebagai lembaga yang mandiri sehingga setiap arah dan kebijakan berdasarkan hati nurani, independen, dan merdeka.

“Ketiga tentang kemandirian ekonomi, harapannya adalah di Kota Depok ini DEEP sebagai lembaga yang mandiri sehingga setiap arah kebijakan kami yang berdasarkan hati nurani dan juga moralitas terhadap demokrasi subtansial, kemudian juga terhadap pemberdayaan dan partnership benar-benar lahir dari moral dan juga hati pikiran kami tentu salah satu aspek pendukung adalah kuatnya kemandirian”, ungkapnya.

“Keempat langkah strategis DEEP yakni pada Kantor DEEP Kota Depok yang baru saja dilaunching, kami memiliki kedai kopi yang bernama DEEP Coffee, tempat para aktifis dan tempat masyarakat sembari mengopi berbicara masalah-masalah terkait Kota Depok yang pada akhirnya kita mencari solusi terbaik sehingga bareng-bareng bangkit untuk Kota Depok apalagi dekat-dekat ini kota Depok akan ulang tahun”, pungkasnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (IBH) mengatakan, bahwa peresmian gedung baru atau kantor, dapat mendongkrak semangat kinerja DEEP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Peresmian gedung baru kantor DEEP Kota Depok, dapat mendongkrak semangat kinerja DEEP Kota Depok dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, ucap Imam Budi Hartono, Wakil Wali Kota Depok

Selain itu, IBH mengapresiasi DEEP telah membantu selama proses pembangunan di Kota Depok sebagai sosial kontrol. Diharapkan kehadiran DEEP di Depok bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membawa kebaikan bagi masyarakat.

“Kita ingin bersama membangun bukan merusak. Saya berharap bisa sama-sama Pemkot Depok bangun kebaikan untuk Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera”, bebernya.

Imam juga mengharapkan kehadiran DEEP di Depok mampu memberikan edukasi politik kepada anak muda. Karena banyak anak muda di Depok tidak mau kenal politik.

“Adanya DEEP bisa memberikan pemahaman tentang politik. Sebab ilmu politik itu sama dengan ilmu lainya”, tutupnya. (shuray/ed)