Warming Up Ramadhan

Ramadhan
(Foto: Ilustrasi)

Apa yang harus dilakukan agar Ramadhan menjadi rahmat bagi kita? Lakukan ‘Pemanasan’

Di dalam Al-Qur’an, ada Ayat yang berbunyi bahwa Ibadah adalah suatu perlombaan, yakni ‘Fastabiqul Khairat’ (Berlomba-lomba dalam Kebajikan/Ibadah)
Bulan Ramadhan adalah bulan yang Istimewa bagi umat Muslim, bahkan ada yang mengatakan Olimpiadenya orang Taqwa.

JIka kita gambarkan sebuah perlombaan kelas dunia yang diikuti oleh atlet terbaik, maka atlet tersebut pasti menyiapkan/melakukan pemanasan jauh-jauh hari sebelum perlombaan itu dimulai.

Apakah ada atlet yang tanpa melakukan pemanasan/persiapan yang matang lalu mendapat gelar juara terbaik, jelas tidak ada.

Coba tanyakan pada diri kita, apa saja persiapan yang kita lakukan untuk Ramadhan tahun ini ?
Apakah kita sudah Ahli Tahajjud ?
Apakah kita sudah Ahli Sedekah/Infak ?
Apakah kita sudah Ahli Sholat Tepat Waktu ?
Apakah kita sudah Ahli Al-Qur’an ?
Jika belum, maka jangan bermimpi untuk bisa mendapat gelar ‘juara’ di Bulan Ramadhan dari Allah swt.

Maka harus lakukan ‘Pemanasan’. Dan saat inilah waktu terbaik untuk melakukan persiapan/pemanasan. Karena di bulan Ramadhan kita diminta oleh Allah untuk ada di Level Terbaik selama 30 hari. mulai dari hari pertama sampai hari terakhir Grafik peningkatan Ibadah kita harus terus meningkat, dan puncaknya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Jangan harap ketika sudah masuk bulan Ramadhan, lalu kita tidak melakukan ‘pemanasan’ tapi baca 1 hari 3 Juz Al-Quran, maka dipastikan hal tersebut tidak dapat bertahan lama.

Ada salah satu ulama besar yang bernama Al-Imam Al-Mula’i. Beliau melakukan ‘Pemanasan’ sejak bulan Sya’ban.

Baca Al-Qur’an, tingkatkan kualitas Tahajjud, rajin sedekah dan perbanyak puasa sunnah. Maka para Ulama dan Sahaba tidak kaget ketika memasuki bulan ramadhan untuk Gaspol melakukan ibadah terbaik.
Karena tantangan Ramadhan sangatlah besar, apalagi menjelang akhir ramadhan. Banyak godaan promo yang ditawarkan oleh Mall, barang Branded. lalu agenda buka puasa bersama. Mulai dari teman SD sampai Kantor, semua di tumpuk jadi 1. Akhirnya banyak yang ketinggalan Tarawih, sholat Isya dirumah bahkan meninggalkan sholat Maghrib (Naudzubillah).

Yang menjadi point utama adalah, lakukan ‘Pemanasan’, untuk bisa meraih Rahmat di bulan Ramadhan dari Allah SWT.
Wallahualam…

 

Penulis : AKBAR BAYU PANGESTU