Diskominfo Kota Depok Laksanakan Sinergitas Program Layanan Kominfo

Diskominfo Kota Depok
Sidik Mulyono Kepala Diskominfo Kota Depok (Foto: Istimewa)

DEPOKNETWORK.COM – Di tengah pandemi Covid-19, inovasi dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat penting untuk menunjang operasional sistem kepemerintahan maupun layanan masyarakat. Hal inilah yang juga dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono mengatakan, pemerintah pusat melalui Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mendorong pemerintah daerah yakni Diskominfo untuk melakukan berbagai inovasi dalam bidang TIK dan hal tersebut kami sangat mengapresiasi dan mendukungnya.

“Kami dari Pemerintah Kota Depok melalui Diskominfo tentunya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali program-program digital Kominfo yang dibuat untuk mempercepat transformasi digitaliasi nasional, khususnya di masa pandemi ini”, kata Sidik Mulyono Kepala Diskominfo Kota Depok kepada Redaksi Depok Network 24 Maret 2021.

Menurutnya, selain mempercepat peningkatan infrastruktur dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Kominfo ini progresif sekali membuat berbagai seminar, pelatihan dan workshop terkait literasi digital sehingga masyarakat bisa memiliki kecerdasan dalam memilih konten yang positif dan negatif, atau memilih informasi yang bersifat fakta dan bukan kabar bohong (hoaks).

“Selain itu, kami juga memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan penguasaan terhadap teknologi baik dalam berbagai bidang, khususnya ekonomi, sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tambahnya.

Sidik juga menuturkan, kecepatan TIK ini bisa diikuti dengan kecepatan manusianya dalam memanfaatkan TIK, sehingga bisa mewujudkan Depok sebagai Smart City dengan program-program yang selaras dengan program Kemkominfo.

“Kami berharap sekali kecepatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini bisa diikuti dengan kecepatan manusianya dalam memanfaatkan TIK. Karena untuk bisa mewujudkan Depok sebagai Smart City, tentunya harus didukung juga oleh masyarakatnya yang cerdas digital Smart People serta aparatur pemerintahannya yang juga cerdas dan menguasai IT”, ujarnya.

Oleh Karena itu, dia juga menjelaskan selain program penyediaan gudang data (data warehouse) dan peningkatan infrastruktur TIK seperti menyediakan ruang server, Depok City Operations Room (DeCOR), koneksi internet, koneksi intranet (FO), free wifi di area publik, free wifi untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ), dan Internet of Things (IoT) seperti CCTV dll, kami juga membuat berbagai pelatihan dan seminar yang terkait dengan literasi digital dan pemanfaatan internet secara positif”, ungkapnya.

“Sejak tahun 2012, kami sudah bergerak memberikan pelatihan dan pengenalan komputer kepada masyarakat dengan menggunakan layanan Mobile Community Access Point (MCAP)”, bebernya.

Sidik menjelaskan bahwa Diskominfo Kota Depok selama 4 tahun memberikan kampanye tentang internet sehat ke semua lapisan masyarakat dan juga SDM TIK di Diskominfo sudah banyak yang memiliki kompetensi dan mendapatkan sertifikasi dari lembaga-lembaga yang berkompeten.

“Selama empat tahun terakhir ini, setiap hari kami juga memberikan kampanye internet sehat kepada masyarakat dari berbagai lapisan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kami membuat pelatihan berbasis digital seperti membuat website dan pelatihan animasi untuk pelajar Se Kota Depok”, jelasnya

Dia melanjutkan, para SDM TIK di Diskominfo Kota Depok juga saat ini sudah banyak yang memiliki kompetensi dan mendapatkan sertifikasi dari lembaga-lembaga yang berkompeten di bidang tersebut.

“Dalam bidang komunikasi publik, kita juga menginduk pada numenklatur yang ada di Kominfo. Kami memberikan pelayanan komunikasi dan kehumasan seperti melakukan monitoring isu publik, menyediakan informasi publik, PPID, layanan pengaduan, serta kegiatan komunikasi lainnya”, pungkasnya. (Shuray)