Hasil Putusan MK, DEEP Indonesia : Semua Pihak Harus Hormati dan Hargai

DEEP
Neni Nur Hayati, Direktur Eksekutif DEEP Indonesia (Foto: Istimewa)

Tasikmalaya – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus 9 sengketa atau perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 pada Jumat (19/3/2021). Salah satu sengketa yang telah diputuskan hari ini adalah perkara pilkada yang diajukan calon nomor urut 4 yakni Dr. Iwan Saputra – Iip Miptahul Paoz.

Hal ini pun lantas mengundang komentar dari Direktur Eksekutif Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Neni Nur Hayati, meminta kepada seluruh warga Kabupaten Tasikmalaya agar legowo menerima hasil putusan MK atas permohonan sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 4, yakni Dr. Iwan Saputra – Iip Miptahul Paoz.

“Apapun yang telah diputuskan oleh hakim MK harus dihormati demi menjaga kondisi keamanan di daerah agar tetap kondusif serta menghormati putusan hukum dari lembaga tinggi negara yang bersifat final”, kata Neni Nur Hayati kepada Depok Network, 19 Maret 2021.

Dia melanjutkan, kondisi wilayah yang aman dan kondusif menjadi salah satu prasyarat utama untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dicanangkan untuk kemajuan daerah lima tahun kedepan.

Oleh karena itu Neni juga mendorong kepada pihak terkait untuk siap mengawal dengan maksimal agar jangan sampai terjadi gejolak politik yang timbul pasca putusan MK ke permukaan publik dan dapat mengganggu kondisi daerah.

“DEEP mendorong kepada pihak-pihak terkait untuk siap mengawal dengan maksimal jangan sampai terjadi gejolak politik yang timbul pasca putusan MK ke permukaan publik dan dapat mengganggu kondisi daerah. Bagaimanapun apabila antar pasangan calon masih berselisih yang dirugikan adalah rakyat. Jangan sampai hal ini terjadi”, ujarnya.

Menurut Neni layaknya sebuah kompetisi dalam pemilihan, menang dan kalah adalah sebuah keniscayaan, dia juga mengatakan peserta Pilkada harus siap menerima apapun hasilnya. Sudah sepatutnya kita memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, bagaimana menjadi negarawan yang memang dicintai oleh masyarakat.

Selain itu, dia menurturkan Pasangan Calon Dr. Iwan Saputra – Iip Miptahul Paoz memiliki jiwa dan sikap Patriotisme yang tinggi dan kepada kepada Pasangan Calon nomor 2 Ade Sugianto – Cecep Nurul Yakin sebagai insan yang demokratis, sudah selayaknya untuk mensyukuri segala nikmat yang sudah didapatkan.

“Bahwa Pasangan Calon Dr. Iwan Saputra – Iip Miptahul Paoz memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Mengikrarkan siap menang dan siap kalah. Jiwa patriotisme ini pun sejatinya tidak hanya berlaku bagi peserta pemilu tapi juga seluruh tim pemenangan, relawan ataupun pendukung lainnya untuk tidak menunjukkan sikap euforia berlebihan dan tetap menahan diri sehingga tidak menimbulkan gesekan antar-pendukung di tengah masyarakat”, ungkapnya.

“Kepada Pasangan Calon nomor 2, Ade Sugianto – Cecep Nurul Yakin sebagai insan yang demokratis, sudah selayaknya untuk mensyukuri segala nikmat yang sudah didapatkan. Ini adalah karunia Illahi yang tak semua orang bisa dapatkan. Ikhtiar maksimal yang dilakukan selama tahapan kampanye untuk meyakinkan kepada pemilih, ternyata membuahkan hasil”, tambahnya.

Setelah Pasangan Calon ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Neni meminta Bupati dan Wakil Bupati untuk merealisasikan Visi dan Misi yang sudah mereka usung dan bisa membuktikan kepada warga Tasikmalaya bahwa pilihan mereka tidak salah dalam menentukan nasib warga Tasikmalaya kepada Ade Sugianto – Cecep Nurul Yakin

“Kesempatan menjadi Bupati dan Wakil Bupati tentu tak boleh disia – siakan. Kerahkan seluruh daya upaya untuk memajukan dan mensejahterakan rakyat. Realisasikan visi misi yang sudah diusung secara bertahap untuk membuktikan kepada rakyat, bahwa yang menjadi kententuan pilihannya tidaklah salah” jelasnya.

Lanjutnya, Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat harus lebih diprioritaskan dan semoga segala program yang telah diusung dapat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya serta ramah terhadap perempuan dan anak. Kabupaten Tasikmalaya masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup kompleks, ini menjadi tantangan kepemimpinan Ade Sugianto – Cecep Nurul Yakin.

“Kami mengapresiasi atas kinerja lembaga penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu serta seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk dapat mensukseskan dan mengawal Pilkada yang berkualitas dan berintegritas di Kabuptaen Tasikmalaya”, tutupnya. (Aa-Adi)