Ria Enes dan Kak Seto Hadiri Wisuda Ventrilokuis di Seminar Nasional Vent Indo

Ria Enes dan Kak Seto Hadiri Wisuda Ventrilokuis di Seminar Nasional Vent Indo.

DEPOKNETWORK.COM – Vent Indo melantik 64 wisudawan ventrilokuis yang berasal dari berbagai daerah se-Indonesia, dalam rangkaian Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dan Stadium General Vent Indo.

Acara yang berlangsung pada Ahad (29/09/2024) di Hotel Santika BSD, Kota Tangerang Selatan, turut dihadiri oleh pemerhati anak, Kak Seto, dan penyanyi lagu anak, Ria Enes.

Kak Seto, yang juga pembina Vent Indo, berbicara tentang pentingnya seni ventriloquisme sebagai alat edukasi.

Menurut Kak Seto, boneka dapat membantu anak-anak lebih ekspresif dan terbuka dalam menyampaikan perasaan mereka.

“Boneka menjadi media yang dapat mendekatkan anak-anak dengan pendidikan, membuat mereka belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan kreatif,” ujar Kak Seto.

Ia juga berharap seni ini terus berkembang dan dapat berkontribusi positif dalam pendidikan anak-anak di Indonesia.

“Vent Indo, dengan acara wisuda ventrilokuis ini, turut berperan penting dalam membekali generasi pendidik dengan keterampilan yang kreatif,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ria Enes, yang terkenal dengan boneka Suzan, mengatakan bahwa seni ventriloquisme memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan diri anak-anak.

“Dengan menggunakan boneka, kita bisa membantu anak-anak untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan perasaan mereka, terutama di usia dini,” ungkap Ria.

Ia menambahkan bahwa seni ini bisa digunakan sebagai alat untuk memahami psikologi anak.

“Anak-anak lebih mudah berkomunikasi ketika mereka merasa terhubung secara emosional dengan media yang menyenangkan seperti boneka,” tambahnya. (kar/ed)