Wakil Ketua KPAI Jasra Putra Imbau Orang Tua Perhatikan Hal Ini Saat Mudik Lebaran Bersama Anak

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr Jasra Putra.

DEPOKNETWORK.COM – Dalam menghadapi musim mudik lebaran yang semakin dekat, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra, memberikan imbauan penting kepada para orang tua agar memperhatikan beberapa hal ketika melakukan perjalanan bersama anak-anak.

Menurut Jasra Putra, keselamatan dan kesejahteraan anak-anak harus menjadi prioritas utama dalam perjalanan, terutama saat mudik lebaran.

“Orang tua perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk memastikan perjalanan bersama anak-anak menjadi aman dan nyaman,” kata Jasra Putra dalam keterangan yang diterima, Selasa (26/03/2024).

Lebih lanjut, Jasra mengatakan, Pastikan kendaraan yang digunakan dalam perjalanan mudik dalam kondisi baik dan sesuai dengan standar keamanan.

“Selain itu, pilihlah rute perjalanan yang aman dan minim risiko,” tambah Jasra.

Sebelum berangkat, kata Jasra, pastikan anak-anak dalam kondisi kesehatan yang baik. Sediakan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti obat-obatan dan makanan ringan, untuk mengantisipasi kemungkinan masalah kesehatan di perjalanan.

“Berikan waktu istirahat yang cukup kepada anak-anak selama perjalanan. Berhenti sejenak untuk beristirahat dan memberikan mereka kesempatan untuk bergerak dan meregangkan tubuh,” imbau Jasra Putra.

Jasra Putra menegaskan bahwa perjalanan mudik lebaran bersama anak-anak dapat menjadi momen berharga, namun harus dijalani dengan kewaspadaan dan persiapan yang matang.

“Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan dapat mengurangi risiko dan memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga,” tutupnya.