Investasi Tidak Selalu Manis, Mengapa?

Investasi dalam sebuah seminar memang selalu membahas mengenai keuntungan yang diperoleh dengan berbagai contoh membeli saham di suatu perusahaan pada tahun 2009 dengan nominal 2.500 maka di tahun tahun berikutnya harga akan naik menjadi 34.000 untung berkali kali lipat mengakibatkan kita berpikir bahwa investasi di saham itu sangat mudah dan membikin kaya, jarang banget disebutkan resiko resiko apa saja yang mungkin dihadapi terutama oleh para pemula.

Resiko yang diperoleh dalam investasi saham yaitu rugi yang dimana kita membeli diharga yang tinggi dan menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari harga yang kita beli. Rugi ini memang salah satu resiko yang pasti terjadi cepat maupun lambat tetapi kerugian ini harus disikapi dengan berbagai sisi, jangan memandang rugi sebagai hal yang selalu negatif, karna pada dasarnya kerugian ini wajar selama kerugian masih terukur dan tidak kehilangan sebagian modal kita.

Para investor yang memang sudah jago dan berpengalaman pun masih mengalami kerugian, bedanya hanya mereka yang sudah berpengalaman tau bagaimana caranya untuk meminimalisir kerugian. Saran untuk pemula jangan gegabah untuk transaksi dengan nominal yang sangat besar, kasih waktu untuk diri belajar terlebih dahulu mengenai investasi karna pasti akan mengalami kerugian dan cari tau kenapa bisa rugi agar bisa belajar dari kesalahan. Resiko susah jual menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih saham, karna saat memilih saham yang memang susah untuk kita menjualnya kembali maka uang kamu akan mengendap dengan waktu yang memang tidak sebentar.

 

 

 

 

Oleh : Fahri Abdullah – Mahasiswa STEI SEBI