Masyarakat Kalimulya Beri Usulan Prioritas Dalam Pra Musrenbang Anggaran 2025 di Depok

Pra Musrenbang di aula Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

DEPOKNETWORK.COM – Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2025 di Kelurahan Kalimulya, telah berhasil mengumpulkan beberapa usulan sesuai kebutuhan masyarakat di sekitar wilayah Kecamatan Cilodong.

Kegiatan yang dihadiri Ketua RT-RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan stakeholder wilayah tersebut untuk memrembukan usulan yang akan di bawa saat Musrenbang. Jumat (12/01/2024).

Lurah Kalimulya, Asep Mustopa mengatakan, usulan yang disampaikan sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan Petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Pemerintah Kota Depok. Yaitu menu wajib dan pilihan.

“Untuk program prioritas dan program pilihan beberapa sudah terdata dan siap di bawa pada tingkat Musrenbang kelurahan yang akan dilaksanakan pada 22 Januari 2023,” ujarnya.

Pada tahap ini, kata Asep Mustopa, usulan prioritas terkait pembangunan fisik yang sudah terdata. Berupa, perbaikan drainase dan jalan lingkungan (Jaling) yang ada di beberapa titik di Kelurahan Kalimulya.

“Kami tinggal menunggu usulan-usulan pembangunan insfrastruktur lainya, seperti septictank dan penerangan jalan lingkungan (PJL),” tutur dia.

Asep Mustopa mengatakan, untuk kegiatan pilihan atau non prioritas akan di usulkan kepada setiap dinas terkait. Seperti kegiatan pemberdayaan pelatihan yang akan di berikan kepada masyarakat.

“Untuk kegiatan non prioritasnya kami akan masukan di perangkat daerah, yang sesuai pada kegiatanya,” kata dia.

Menurut dia, untuk kegiatan pemberdayaan masih sama dengan tahun sebelumnya. Namun, Asep Mustopa akan terus memaksimalkan kegiatan tersebut agar bisa sampai pada atau tepat sasaran.

“Kami akan terus berupaya untuk memaksimalkan kegiatan pemberdayaan, agar bisa tepat sasaran,” tutur dia.

Asep Mustopa berharap agar usulan yang disampaikan dapat sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang di prioritaskan, untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Kalimulya.

“Saya berpesan agar masyarakat bisa mengusulkan terkait pembangunan secara merata dan menyeluruh dan pembangunan harus bisa dirasakan oleh masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Kalimulya, Rustam Nawawi mengimbau kepada pengurus lingkungan yang belum memberikan usulan, agar segera mengirimkan usulan kepada pihak kelurahan.

“Untuk usulan memang belum lengkap ya dari masing RW, kami tunggu sampai tanggal 17 Januari, Agar tidak ada yang keinggal pada Musrenbang pada 22 Januari 2024,” ucap dia. (Abie)