Siswa SMP Asal Depok Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat Internasional di Dubai 

Pencak Silat
Kenzie Javas Radithya yang merupakan pelajar asal Kota Depok. (Foto: Istimewa)

DEPOKNETWORK.COM – Kenzie Javas Radithya yang merupakan pelajar asal Kota Depok, Jawa Barat berhasil menjuarai Pre Junior kategori kelas tanding ajang 7th Asian Pencak Silat Championship and 1st Middle East Open Pencak Silat Championship di Dubai.

Siswa dari Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Rahmaniyah Kota Depok ini menjadi juara pertama dan menang telak 8-0 menghadapi pesilat asal Singapore.

Orang tua Kenzie, Emy Darmawanti mengatakan beragam persiapan sebelum bertanding pun telah dilakukan oleh anaknya. Salah satunya yakni melakukan latihan rutin dua kali dalam seminggu menjelang kompetisi.

“Pertandingan terdiri dari tiga babak. Setiap babak itu berdurasi dua menit. Alhamdulillah Kenzie bisa menang dengan skor 8-0,” katanya.

Dijelaskan Emy, kompetisi tersebut berlangsung dari tanggal 9 hingga 12 November 2023 di Rashid Bin Hamdan Hall, Al Nasr Club, Oud Metha, Dubai.

Dia juga menerangkan bahwa Kenzie sendiri mengawali pencak silat dari kelas IV SD dan untuk saat ini Kenzie sudah duduk di kelas VIII SMPIT Rahmaniyah. Kenzie juga sudah sering mengikuti kejuaraan pencak silat tingkat nasional dibeberapa daerah, dan beberapa kali mendapat predikat sebagai pesilat terbaik

“Kami daftarkan Kenzie untuk ikut lomba ini secara mandiri. Alhamdulillah, mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah. Sebelumnya, Kenzie juga memang telah sering mengikuti kejuaraan di tingkat nasional dan saat ini bergabung dengan Tapak Suci yang merupakan perguruan pencak silat. Targetnya itu ya dapat mengharumkan nama bangsa melalui pencak silat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Emy menuturkan cita-cita besar dari sang anak yang ini menjadi atlet pencak silat di Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Kenzie juga memiliki cita-cita untuk menjadi atlet pencak silat di Timnas Indonesia. Mudah-mudahan saja itu dapat menjadi perhatian pemerintah supaya terus didukung dan difasilitasi agar semakin berkembang,” tutupnya.