Rumah Belajar WIT, Rumah Kepompong Menjadi Guru Millenial

Guru Milenial
Hanifah Mardhiyani, S. Pd. - Guru PPKn di MTsN 2 Blitar. (Foto: Istimewa)

Ragam – Mantap menjadi Guru sejak 18 tahun lalu dan memilih mengabdi di Madrasah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama. Saya mengajar Madrasah Tsanawiyah yang terletak dipinggiran Kota dengan kondisi Masyarakat marjinal. Disamping itu komitmen terhadap pentingnya peningkatan kualitas guru yang rendah menjadi satu kegundahan kecil yang berkembang menjadi-jadi dihati saya. Akankah saya tetap diam atau melakukan lompatan untuk meredakan gundah?

Memutuskan keluar dari zona nyaman berarti siap menghadapi segala tantangan baik dari luar atau dari diri sendiri. Saya sadar bahwa perubahan paradigma Pendidikan sangat pesat. Terutama pada Masa pandemi Covid-19. Perubahan terus berlanjut ketika New Normal. Guru dituntut untuk mengikuti kecepatan perubahan. Perubahan kurikulum, perubahan teknologi yang cepat menuntut saya untuk melakukan sesuatu untuk keluar dari zona nyaman. Tekad saya waktu itu adalah menemukan teman-teman satu frekuensi yang menjadi kolaborator yang mempunyai komitmen meningkatkan kualitas diri dan belajar untuk merubah miskonsepsi dalam mengajar.

Di tengah kegalauan saya menemukan satu link di akun Instagram yang membuka pendaftaran Wardah Inspiring Teacher. Dalam hati saya menemukan celah untuk terus berkembang dalam segala keterbatasan. Saya terinspirasi Proses metamorphosis Ulat harus melewati kepompong untuk menjadi kupu-kupu. Hati saya benar-benar bersorak, ketika pihak Paragon menghubungi untuk mengikuti program-program WIT.

“excited” !!! tahap demi tahap saya lalui dengan gembira. Ada 3 tahap yang harus dilalui dan pada akhirnya sertifikat. Bukan hanya sertifikat yang penting, yang terpenting adalah penguatan kemampuan dan merubah miskonsepsi menjadi paradigma baru kurikulum Merdeka. Yang saya suka dari WIT adalah pembinaan berkelanjutan melalui Rumah Belajar WIT.

Bagi Saya RB WIT adalah tenpat bernaung, tempat berdiskusi, tempat bercengkrama tempat merancang Langkah ke depan. RB WIT memberikan pandangan baru tentang kelas kolaborasi, kelas kompetensi

 

Penulis: Hanifah Mardhiyani, S. Pd. – Guru PPKn di MTsN 2 Blitar.