PMI Tingkatkan Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat Depok

Staf Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Depok, Ary Prasetio saat berkontribusi bagi masyarakat. (Istimewa)

DEPOKNETWORK.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok akan menjalani proses akreditasi pada tahun ini, upaya ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan baik kepada masyarakat.

“Akreditasi UDD PMI memiliki prinsip untuk peningkatan mutu layanan kesehatan yang berkesinambungan, misalnya dalam hal aksi donor darah maupun distribusi darah untuk kebutuhan masyarakat,” kata Kepala UDD PMI Kota Depok, Widya Astriyani, Jum’at (14/07/2023).

Widya Astriyani menpaparkan, ini merupakan akreditasi pertama yang akan dilakukan UDD PMI Kota Depok, saat ini sedang masuk tahapan kelengkapan dokumen dan pembenahan alur pelayanan.

“Saat ini masih tahap awal. Di mana setiap UDD ditanya untuk kesediaan mengikuti akreditasi. InsyaAllah PMI Kota Depok siap untuk mengikuti proses akreditasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” papar dia.

Widya menyebut, untuk penilaian rencana dilakukan pada akhir Desember 2023. Dengan asumsi, pada awal tahun 2024, hasilnya akan keluar. Widya menargetkan hasil terbaik.

“Pastinya ingin yang terbaik (hasil). Sejauh ini belum ada gambaran untuk proses tahapan lanjutannya seperti apa. Yang jelas, kami siap mengikuti arahan dan aturan dari Kemenkes,” kata dia.

“Mungkin hampir sama dengan proses akreditasi Puskesmas karena sama-sama Fasilitas Kesehatan (Faskes). Kami perlu dukungan bukan hanya dari PMI, namun juga Pemerintah Kota (Pemkot). Sebab, ini wajah pelayanan darah di Kota Depok. Kalau pelayanan kita baik, Pemkot juga baik,” tuturnya. (Abie)