Polsek Panmas Gelar Apel Gabungan Pengamanan Idul Fitri 2023 di Kecamatan Cipayung

Gelar apel pasukan ops ketupat jaya 2023 di halaman Kecamatan Cipayung. (Istimewa)

DEPOKNETWORK.COM – Dalam rangka pengamanan pasukan ops ketupat jaya Idul Fitri 2023 tim gabungan Kecamatan Cipayung, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Polsek Pancoran Mas dan Danramil Pancoran Mas yang terdiri dari unsur aparatur kecamatan, TNI, Polri, dan mitranya melakukan apel siaga untuk pemantauan atau monitoring ke beberapa titik di wilayah tersebut. Langkah ini guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) saat malam takbiran.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Triharijadi menjelaskan, sebanyak 73 petugas gabungan menyebar untuk mengamankan dua kecamatan yaitu Cipayung dan Pancoran Mas. Sasaran utama pengamanan tahun ini adalah takbiran keliling yang masih dilarang oleh Pemerintah Kota Depok, karena dapat menimbulkan kerumunan.

Apel tersebut diikuti 73 Personil dengan rincian :

1. Kodim 10 personil
2. Polsek pancoran mas 13 personil
3. Pol pp 5 personil
4. Pokdarkamtibmas 20 personil
5. Pramuka 25 Personil

“Di wilayah kerja kami juga ada pasar tumpah di Jl.Naming D Bothin, Kelurahan Depok, yang akan digelar pas malam takbiran. Kami akan lakukan pendampingan monitoring untuk pemantauan kegiatan tersebut,” jelasnya, usai menggelar apel bersama di Kecamatan Cipayung, Kamis (20/04/2023).

Kompol Triharijadi menuturkan, perlu kiranya kita melakukan himbauan untuk masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling karena memiliki resiko tinggi kecelakaan. Dan diarahkan ke masjid dan mushola. Karena besok sudah ada sebagian dari saudara kita yang sudah melaksanakan sholat idul fitri.

“Kemacetan sudah mulai berasa. Untuk pospam ada di pertigaan parung bingung silahkan untuk bergabung. Kita harapkan kegiatan kita bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

“Kami akan tetap monitoring wilayah mulai malam takbiran sampai pada saat sholat Idulfitri 1444 Hijriah besok, mudah-mudahan semua dapat berjalan kondusif,” paparnya.

Di tempat yang sama, Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk tidak menggelar takbiran keliling atau menyalakan petasan sekitar permukiman tempat tinggal dan ini akan mengakibatkan terjadinya kebakaran. Dirinya mengarahkan untuk meramaikan malam takbiran di masjid atau musala.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H, mohon maaf lahir batin. Semoga semua warga Cipayung diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” tandasnya.

Selain itu, Camat Panmas Zikri dwi daemawan menambahkan, mari kita sambut kemenangan Idul Fitri 1444 H dengan baik jangan lakukan hura-hura di jalan tidak melakukan takbir keliling. Pasalnya, kerap terjadi keributan dan tawuran antar peserta takbir keliling. Lebih baik takbiran di lingkungan masjid saja,” tutupnya.

Dalam apel siaga yang digelar di halaman Kecamatan Cipayung tersebut, turut diikuti oleh Camat Cipayung, Camat Pancoran Mas dan para Lurah, Satpol PP, Pramuka, FKDM dan mitra Polsek pokdarkamtibmas. (Abie)