PMI Depok Gelar Pelatihan Fasilitator PMR Demi Tingkatkan Kapasitas Relawan

Sebanyak 25 peserta mengikuti kegiatan Training of Fasilitator (ToF) yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, di Aula Markas PMI Kota Depok.

DEPOKNETWORK.COM – Sebanyak 25 peserta mengikuti pelatihan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) atau Training of Fasilitator (ToF) yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan program kerja PMI Kota Depok.

“Pelatihan fasilitator ini dimaksudkan untuk melaksanakan manajemen PMR, sebagaimana panduan pembinaan PMR di masing-masing kelompok atau unit kerja,” ujar Pengurus Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Unit Usaha PMI Kota Depok, Sumarna, usai membuka kegiatan ToF di Aula Markas PMI Kota Depok, Sabtu (04/03/23).

Dikatakannya, peserta merupakan relawan PMI terpilih dan pelatih atau fasilitator PMR yang belum pernah mendapatkan pelatihan. Kegiatan akan berjalan selama enam kali pertemuan, karena banyak materi yang diberikan.

“Kami mengundang narasumber dari PMI Kabupaten Bogor yang sebelumnya bertugas di PMI Pusat. Selain pemberian materi, peserta juga menjalani praktek lapangan dan di akhir kegiatan akan ada pemberian sertifikat. Sertifikat ini sebagai syarat untuk pelatih mengajar PMR di sekolah, karena ke depannya akan diwajibkan (sertifikat),” ungkapnya.

Sementara itu, Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Depok, Ridwan yang merupakan salah satu peserta menyebut, pihaknya merasa beruntung karena terpilih untuk mengikuti kegiatan yang baru pertama dilakukan tersebut. Ke depan, dirinya berharap seluruh pelatih PMR memiliki sertifikat sebagai modal dalam memberikan pelatihan.

“Sertifikat merupakan bukti nyata bahwa kami telah mengikuti pelatihan dan tahu dasar-dasarnya. Sehingga materi yang disampaikan di sekolah maupun unit kerja, bisa sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tidak asal-asalan,” tutupnya.