Ragam  

Yuk! Kenali Jenis dan Biaya Transfer Uang di Bank

Transfer Uang

Ragam – Sebelum ada fitur transfer uang online, orang yang mau kirim uang harus mengirimkannya dengan cara manual. Mereka pergi ke kantor pos atau ke bank. Namun kini, seiring berkembangnya teknologi digital, dimana orang-orang juga telah beralih dari menggunakan uang tunai menjadi cashless.

Apalagi sekarang sudah ada transfer online yang bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone atau internet banking. Transfer uang online jaman sekarang bukan hanya mudah tapi juga cepat.

Meskipun kegiatan transfer sering dilakukan, tapi banyak yang belum tahu ada beberapa jenis transfer uang yang ada di dunia keuangan, yaitu:

1. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Buat kamu yang sering ke bank pasti setidaknya pernah mendengar atau melihat istilah RTGS saat mengisi formulir sebelum bertransaksi. RTGS merupakan kegiatan transfer uang dalam jumlah yang besar. Dana yang bisa dikirim menggunakan sistem ini paling kecil adalah sebesar 100 juta.

Sayangnya, walaupun namanya real time, tapi transaksi tidak bisa langsung selesai pada saat itu juga. Sistem transfer ini cukup membutuhkan waktu yaitu sekitar 4 jam untuk dana sampai ke rekening penerima.

Kalau transaksi dilakukan di atas jam 3 sore maka baru bisa diproses keesokan harinya. Biaya transfer antar bank yang harus kamu keluarkan berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp50 ribu.

2. Kliring

Hampir sama seperti RTGS, sistem Kliring juga ditujukan untuk transfer dengan nominal besar. Maksimal dana yang ditransfer adalah Rp500 juta per hari. Prosesnya memakan waktu 2 sampai 3 hari kerja. Tapi, sebelum kamu melakukan transfer, pihak bank terlebih dulu akan memeriksa saldo yang tersedia di rekening. Apakah jumlahnya cukup atau tidak.

Selain itu bank tidak langsung mengirimkan uang ke rekening penerima. Tapi, uang dikirim ke Bank Indonesia (BI) untuk selanjutnya baru dikirimkan lagi ke bank penerima. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk transaksi transfer dana lewat kliring berkisar di Rp3.500 – Rp5.000.

3. Transfer Real Time Online

Kamu pasti lebih familiar dengan metode transfer jenis ini. Soalnya lebih mudah dan cepat. Transfer uang cukup dilakukan via smartphone atau internet banking. Proses transfer dilakukan secara real time. Uang akan langsung terkirim saat itu juga setelah kamu melakukan transfer.

Jumlah yang bisa ditransfer pun tidak harus besar. Kamu bisa transfer mulai dari Rp10 ribu untuk ke rekening bank tertentu. Hanya saja, untuk nominal yang lebih besar. Kamu harus menggunakan metode transfer lain. Karena jumlah transfer online dibatas sampai Rp100 juta saja. Tergantung ketentuan masing-masing bank.

4. BI-Fast

Layanan transfer BI-Fast termasuk cukup baru. Sistem transfer langsung ini dibuat oleh Bank Indonesia (BI). Meskipun begitu, BI-Fast bisa mencakup banyak bank. Jadi, kamu bisa transfer antar bank berbeda dengan lebih murah. Jika bank tujuan sudah terdaftar menjadi peserta, kamu bisa melakukan transfer dengan biaya Rp2.500 per transaksi.

Biaya Transfer Uang

Pada dasarnya biaya transfer antar bank relatif sama. Lebih lengkapnya, simak rincian biaya transfer antar bank di bawah ini.

1. Transaksi Biaya Rata-Rata Transfer ke bank yang sama : Gratis

2. Transfer ke bank berbeda via BI Fast : Rp2.500

3. Transfer ke bank berbeda : Rp6.500

4. Transfer via kliring ke bank berbeda : Rp5.000

5. Transfer ke bank berbeda via ATM Link : Rp4.000

6. Transfer ke bank berbeda via RTGS : Rp25.000