Wujudkan Program Kota Layak Anak, Disdik Depok Berikan Pelatihan untuk Guru PAUD

Disdik Kota Depok
Disdik Kota Depok menggelar pelatihan bagi tutor dan guru PAUD. (Foto: Istimewa)

DEPOKNETWORK.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar pelatihan bagi tutor dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan dilakukan selama 10-11 Agustus 2022 bertempat di Jakarta Global University (JGU), dengan total peserta sebanyak 100 orang.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD Dikmas Disdik Kota Depok, Abdurrahman mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk optimalisasi peran tutor dan guru PAUD dalam mitigasi stunting melalui peran Unit Kesehatan Siswa (UKS) sebagai implementasi sekolah ramah anak. Sehingga bisa mewujudkan Depok Kota Layak Anak.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita dibangun untuk mempersiapkan anak-anak terutama UKS di PAUD dan TK yang mungkin masih baru dan beda dengan yang ada di SD dan SMP,” katanya.

Abdurrahman menambahkan, terlebih pada penanganan anak-anak usia dini, kita akan kolaborasikan dengan yang sedang booming sekarang yaitu stunting.

“Selama dua hari pelatihan, peserta akan diberikan berbagai materi oleh narasumber. Hari ini ada tiga materi yang diberikan,” terangnya.

Abdurrahman menjelaskan bahwa pelatihan tutor dan guru PAUD yang dilaksanakan ini membahas materi kebijakan kesehatan balita di PAUD. Kedua, pengantar stunting. Ketiga, pelaksanaan UKS/M di satuan PAUD.

“Hari kedua materi yang disampaikan yaitu pelaksanaan sekolah pada satuan PAUD, penilaian perkembangan anak, pencatatan dan pelaopran serta penilaian pertumbuhan anak. Narasumber yang dihadirkan dari Dinkes Kota Depok,” tuturnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja bagi para tutor dan guru PAUD. Sebab, saat ini pekerjaan yang mereka lakukan, bukan hanya mendidik anak-anak tetapi juga memperhatikan kesehatannya dan demi menuju Indonesia yang maju, terutama di Kota Depok.