Lakukan Sidak Dadakan di Rutan Kelas 1 Depok, Petugas Temukan Rakitan Benda Tajam 

Rutan Kelas 1 Depok
Petugas Rutan Kelas 1 Depok tengah melakukan inspeksi dadakan (sidak). (Foto: kompas.com)

DEPOKNETWORK.COM – Hunian blok warga binaan pemasyarakatan (WBP) dinspeksi dadakan atau disidak oleh Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Kota Depok.

Dalam inspeksi dadakan tersebut, petugas menemukan beberapa alat makan yang dimodifikasi menjadi benda tajam. Benda itu disimpan pemiliknya di dalam tempat makan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Nu’man Fauzi mengatakan, petugas berhasil mengamankan tujuh buah sendok stainless yang diubah menjadi benda tajam rakitan, satu buah kaca cermin, dan satu buah gunting.

“Sidak tersebut digelar untuk mewujudkan Zero Hanilar atau bebas dari handphone, pungutan liar, dan narkoba,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/05/2022).

Nu’man melanjutkan, sidak kamar hunian akan terus secara rutin kami lakukan sebagai bentuk komitmen jajaran Rutan Kelas I Depok untuk mewujudkan Zero Halinar serta deteksi dini adanya peredaran barang-barang terlarang didalam Kamar Hunian.

Kendati demikian, pihaknya tidak menemukan alat komunikasi maupun narkoba dalam sidaknya.

Namun, Rutan Kelas 1 Depok terus melakukan upaya mensosialisasikan terkait tata aturan yang berlaku yang wajib ditaati oleh WBP.

“Petugas tak henti-hentinya untuk terus mengingatkan, salah satunya barang-barang yang tidak sesuai ketentuan untuk tidak dapat diperkenankan memasuki area blok hunian,” terangnya.

Pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan petugas jaga di Rutan Kelas 1 Depok untuk menjamin keamanan di dalam sel.

“Jadikan back to basic serta tiga kunci pemasyarakatan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas, cepat tanggap jika ada suatu hal serta tingkatkan koordinasi,” pungkasnya. (Editor: Shuray)