Gandeng Disdik dan Kemenag, BAN PAUD PNF Jabar Gelar Sosialisasi Akreditasi di Kota Depok

BAN PAUD

DEPOKNETWORK.COM – Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) Jawa Barat menggelar sosialisasi akreditasi BAN PAUD dan PNF Kota Depok di Gedung Igra Kota Depok pada Selasa, (17/05/2022).

Kegiatan ini dihadir oleh Anis Nurul, S.Psi, M.M., selaku anggota BAN Propinsi Jawa Barat, H. Asnawi selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Drs. H. Ahmad Sadeli selalu Kasie Madrasah Kota Depok, Abdurrahman, S.Ag selaku Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok, Bambang Pramudiyono, M.Pd. selaku Kasie Dikmas Dinas Pendidikan beserta jajaran pengawas RA, TK dan penilik KB se Kota Depok.

Peserta hari ini dihadiri 63 peserta dari Satuan PAUD yang terdiri dari lembaga KB, TK dan RA serta 9 lembaga dari PKBM.

BAN PAUD
Ibu Yuningsih, M.Pd., salah satu Asesor dan juga koordinator pegawas TK Kota Depok berada ditengah-tengah peserta untuk memperjelas secar rinci instrumen akreditasi. (Foto: Ika)

Anggota BAN Propinsi Jawa Barat, Anis Nurul menyampaikan bahwa dalam mensukseskan kegiatan penjaminan mutu melalui akreditasi kita harus saling berkolaborasi dengan beberapa pihak agar mewujudkan lembaga PAUD yang berkualitas.

Hal ini senada juga dikuatkan Abdurrahman, Kabid PAUD Dikmas menjelaskan bahwa akreditasi menjadi tolak ukur pencapaian penjaminan mutu lembaga disuatu daerah.

Untuk menyiapkan proses akreditasi Kepala Kantor Kemenag, H. Asnawi menyampaikan bahwa bukan hanya kepala sekolah saja yang harus memahami standar yang merupakan indikator untuk menilai suatu lembaga.

“Namun, semua pihak sekolah terlibat dalam menyiapkan akreditas,” ungkapnya.

Sosialisasi diadakan untuk memberikan ruang dan memotivasi untuk lembaga agar tidak memiliki rasa takut untuk Akreditasi. Seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu peserta atas nama Zakiah dari KB Rumah Bermainku.

Zakiah mengatakan bahwa belum berani untuk maju akreditasi masih takut. Hal ini dikuatkan oleh Bu Anis Nurul salah satu anggota BAN PAUD dan PNF Propinsi Jawa Barat jangan jadikan akreditasi ini sebagai momok tapi niatkan akreditasi untuk pengembangan lembaga dan menjadi lembaga yang bermutu.

BAN PAUD

Menurutnya, proses kinerja yang dilakukan oleh Ibu Yuningsih, M.Pd. selaku koordinator Pengawas dan juga Asesor dari BAN PAUD dan PNF melalui proses yang teramat panjang bukan hanya menyiapkan lembaga sekedarnya.

“Beliau membimbing dan mendampingi lembaga-lembaga PAUD di Kota Depok secara terperinci mulai dari tahapan persyaratan umum dan khusus,” ujar Zakiah.

Diketahui, Depok mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Soslok 2 tahap. Dari tahap 1 27 kota/kab Jawa Barat. Tahap 2 Depok kembali mendapatkan kesempatan melaksanakan soslok bersama 12 kota/kabupaten di Jawa Barat.

(Jurnalisme Warga: Ika Ayu Pratiwi)