Tips Mengatur Waktu Kuliah Dengan Bisnis

Saat ini tak jarang mahasiswa yang kuliah sambil menjalankan sebuah bisnis. Karena waktu kuliah lebih fleksibilitas di bandingkan dengan waktu ketika sekolah. Banyak mahasiswa yang menjalankan sebuah bisnis untuk pengalaman, untuk mengisi waktu luang agar lebih produktif, untuk menyalurkan hobinya, bahkan ada juga yang untuk membangun cita cita dan masa depannya. Namun kuliah sambil bisnis ternyata tidak mudah loh. Karena terkadang kesulitan saat mengatur waktu antara belajar, mengerjakan tugas, kuliah, maupun menjalankan bisnis. Dan terkadang suka ada waktu yang tak terduga seperti waktu untuk organisasi, acara, maupun yang lainnya. Nah, pastinya dibutuhkan komitmen yang kuat dan konsisten dalam menjalankan bisnis dan kuliah agar tetap berjalan dengan lancar. Lalu gimana sih caranya agar bisa mengatur waktu antara kuliah dan bisnis ? Simak beberapa tips berikut ini.

 

    1. Efisiensikan kegiatan

Gunakan waktu mu dengan efisien untuk kuliah dan bisnis. Nah agar waktu mu lebih efisien maka kamu harus mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting yang tidak berhubungan dengan kuliah ataupun bisnis. Kamu harus bisa mengalihkan waktu diluar kuliah kamu yang non produktif untuk menjalankan bisnis.

      1. Disiplin waktu

Selain point nomer 1, kamu juga harus disiplin waktu dengan tidak menunda-nunda pekerjaan dan tidak ngaret kecuali ada suatu hal yang urgent. Karena hal tersebut akan membuat aktivitasmu menjadi berantakan. Lakukan aktivitasmu sesuai waktu yang sudah kamu tentukan.

 

      1. Pilih bisnis yang mudah dijalankan oleh mahasiswa

Pilihlah bisnis yang mudah dijalankan dan waktunya fleksibel sehingga tidak menganggu waktu kuliah. Contohnya seperti bisnis online shop dan lainnya.

      1. Fokus

Pastikan pada saat kuliah kamu fokus dan tidak memikirkan bisnis. Begitupun pada saat bisnis kamu harus fokus dan tidak memikirkan hal yang berhubungan dengan kuliah.

      1. Berfikir positif

Disaat teman-temanmu asik nongkrong, hangout, liburan di waktu luang sedangkan kamu sibuk dengan tugas kuliah ataupun bisnis maka tanamkanlah fikiran yang positif agar kamu tidak stres dan tetap enjoy menjalankannya.

 

      1. Tentukan target

Tentukan target pada kuliah dan bisnismu. Target pada kuliah bisa berupa lulus tepat waktu ataupun mendapatkan nilai ipk yang tinggi. Dan target pada bisnis bisa berupa keuntungan yang di dapatkan. Jadikan target tersebut untuk memicu semangat dan jadikan sebagai motivasi.

      1. Pantang menyerah

Ada kalanya kamu akan merasa stres dengan tugas kuliah maupun bisnis. Namun kamu tidak boleh menyerah dan kamu harus ingat perjuangan kamu sampai detik ini untuk mencapai kesuksesan.

Itulah beberapa tips mengatur waktu kuliah dengan bisnis. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya!

oleh: Fabela Tri Wardani (Mahasiswi STEI SEBI)