Buka Puasa Bersama, Aspeksindo dan Dubes Seycelles Bahas tindaklanjut MoU

aspeksindo
Foto bersama Duta Besar Seycelles, Nico Barito bersama perwakilan Aspeksindo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) mengunjungi Kantor General of Seychelles di Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, (06/04/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri undangan buka puasa dan juga membahas tindaklanjut kerjasama antara Aspeksindo dan Kedubes Seycelles.

Andi Fajar Asti selaku Direktur Eksekutif dalam keterangan persnya menyatakan bahwa ada beberapa hal yang telah dikonkritkan pada agenda buka puasa tersebut.

“Kami telah membahas beberapa bentuk kerjasama dengan Kedutaan Seychelles terkait mulai dari meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir hingga kontribusi gagasan yang nanti akan menjadi masukan dalam forum G20 di Bali,” ungkap Fajar yang juga merupakan Dokrot Ilmu Lingkungan.

Kedepannya Aspeksindo akan segera menyelenggarakan webinar dalam rangka menindaklanjuti hasil pembahasan dengan Dubes Seycelles terutama terkait Program Peningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir yang nantinya akan diterapkan di beberapa kota sebagai pilot projet pada program ini.

Selain kerjasama bersama terkait peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir, Aspeksindo dan Dubes Seycelles membahas terkait gagasan mengenai Energi terbarukan melalui peran daerah kepulauan dan pesisir.

“Sebagaimana salah satu topik dalam forum G20 yaitu Transisi Energi, Aspeksindo nantinya akan memberikan masuka melalui mendagri mengenai pembuatan perahu listrik berbasis solar sel sebagai jawaban teknologi di daerah kepulauan dan pesisir, tujuannya ialah untuk menekan konsumsi bahan bakar fosil dan biaya transportasi,” pungkas Fajar.

Dubes Seycelles Nico Barito yang juga mantan Wakil Sekjend PBB menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Aspeksindo dan para staff karena telah menghadiri undangan buka puasa dari Dubes Seycelles.

“Kami merasa bahagia karena Aspeksindo telah menghadiri undangan buka puasa kami dan saya telah melungkan satu malam khusus untuk berbagi berbagai macam hal yang nantinya bisa dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama dan juga kontribusi Aspeksindo dalam G20” pungkas Nico.

Terakhir, Nico menitipkan salam kepada Ketua Umum Aspeksindo dan Seluruh Pengurus Aspeksindo.

“Salam hangat saya kepada Ketua Umum Aspeksindo Bapak Andi Harun karena saya percaya ditangan pengurus Aspeksindo yang saya lihat masih muda-muda ini Aspeksindo mampu memaksimalkan potensi terbaiknya,” tutup Nico.

Acara buka puasa tersebut ditutup dengan foto bersama Duta Besar Seycelles dan juga perwakilan Aspeksindo.

 

(Andi)