BPP KGBN Provinsi Jabar Gelar Teman Belajar Live Bertemakan Guru Pengusaha dan Pengusaha Guru

Komunitas Guru Belajar Nusantara, KGBN

Bandung – Badan Pengurus Propinsi Komunitas Guru Belajar Nusantara Jawa Barat (BPP KGBN Jabar) adalah salah satu organisasi profesi di Jawa Barat yang terus bergerak untuk perubahan pendidikan di Indonesia yang lebih baik dan tentunya Merdeka Belajar. BPP KGBN Jabar bergerak untuk memfasilitasi dan bergandeng tangan dengan para guru-guru di Jawa Barat agar bisa Merdeka Belajar di kelas dan di luar kelas.

Apakah kalian masih ingat dengan Jack Ma, Jack Ma adalah pendiri dari Alibaba Group, memulai karirnya sebagai guru Bahasa Inggris di sekolah. Dari latar belakangnya menjadi guru, Jack Ma kini berubah menjadi pengusaha yang sukses. Ada satu kalimat luar biasa dari Jack Ma adadalh “Satu-satunya yang membuat saya menjadi pengusaha sukses adalah latar belakang mengajar saya,” ucap Jack Ma di Forum Ekonomi Dunia di Taijin, China seperti dilaporkan CNBC. Dari sinilah BPP Jabar melihat bahwa di Propinsi Jawa Barat banyak Guru yang memiliki jiwa pengusaha dan akan menjadi pengusaha hebat.

Melalui Program Teman Belajar Live (TBL) BPP KGBN Jabar yang dilakukan setiap 2 minggu sekali disetiap hari Selasa, BPP KGBN Jabar di program TBL kali ini menggandeng para guru untuk memaksimalkan potensi dan minat mereka untuk dapat memiliki karir protean di bidang usaha melalui TBL bertema “Guru pengusaha, Pengusaha Guru”.

BPP Jabar menggandeng Ibu Citra Permata Endah, beliau adalah seorang guru bahasa Inggris di salah satu SMK di Bandung, selain sebagai Guru beliau merupakan Pimpinan dari sebuah perusahaan yang beliau bangun sendiri, sampai saat ini beliau telah meiliki 6 bidang usaha mulai dari bidang usaha kecantikan, pendidikan, makanan dan lain-lain. Beliau juga merupakan salah satu pengurus BPP Jabar.

BPP KGBN Provinsi Jabar
Peserta TBL yang diselenggarakan oleh BPP KGBN Provinsi Jabar. (Foto: Dok/KGBN)

Ibu Citra mengawali TBL ini dengan bercerita bahwasanya saat pertama beliau memulai masuk ke dunia usaha adalah dengan berdagang door to door, tidak memiliki basic bidang pemasaran, mengalami banyak kepahitan dalam berbisnis dan berdagang. Penolakan demi penolakan sudah biasa didapatkan beliau, tetapi dari pengalaman beliau sebagai Guru/pengajar beliau merefleksikan apa yang telah dilakukannya untuk menjadi seorang pengusaha.

“Menjadi pengusaha itu seperti menjadi guru, belajar dan terus belajar sampai hasil yang didapat bisa maksimal, bergabunglah dengan mereka yang sedang berbisnis atau memulai berbisnis agar semangat terus membara,” terang Citra.

Diakhir sesi, peserta dibagi menjadi dua group yakni group pengusaha dan group pedagang, group pengusaha adalah mereka guru yang sudah punya bisnis atau mau memulai berbisnis, begitu juga dengan grou pedagang. Dalam group tersebut nantinya akan dilakukan sesi coaching dan dibimbing langsung sama Ibu Citra agar usaha dari guru bisa menjadi pengusaha seperti Ibu Citra ini.

Setelah sesi coaching dan bimbingan para peserta ini akan masuk kedalam salah satu Program BPP jabar yakni Warung BPP, ini adalah wadah para guru yang memiliki usaha di wilayah Propinsi Jawa Barat.

Teman Belajar Live BPP Jabar kali ini dikuti sekitar 78 peserta yakni anggota Komunitas Guru Belajar Nusantara dari berbagai daerah di Jawa Barat. Harapannya teman Belajar Live ini menjadi Teman Belajar Guru-guru di Jawa Barat yang selalu merindukan indahnya Ilmu. (Ika – Jurnalisme Warga)