Ragam  

Bulan Rajab Adalah Bulan Yang Dimuliakan

Ilustrasi
Ilustrasi.

Menurut Ahmad Zarkasih, Lc, dalam bukunya Rajab: Keutamaan dan Hukumnya, sebelum Islam datang, Rajab sudah menjadi bulan yang dimuliakan oleh peradaban ketika itu.bulan Rajab termasuk bulan yang dihormati, atau dalam Al-Qur’an disebut sebagai Asyhurul Hurum. Selain Rajab, tiga bulan lainnya adalah Muharram, Dzul Qa’dah dan Dzul Hijjah. Ketiganya saling berurutan, hanya Rajab saja yang terpisah sendirian.

Pada bulan bulan itulah banyak keistimewaan dan amalan yang bisa kita lakukan contonya kita puasa Sunnah Rajab, nah kenapa sih kita selalu diingat kan untuk berpuasa Sunnah, karena Rasulullah shalallahualaihi wassalam menganjurkan ummatnya, untuk menjalankan ibadah puasa Sunnah dibulan-bulan yang mulia.bagi kita yang bercita-cita ataupun mendambakan syurga pasti kita akan berbondong-bondong untuk menggapai cita-cita itu.

Keistimewaan puasa di bulan Rajab Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia itu setara dengan puasa sebulan. Barangsiapa puasa tujuh hari di bulan Rajab, maka ditutup darinya pintu-pintu Jahim/neraka yang tujuh. Barang siapa berpuasa delapan hari di bulan Rajab, maka dibuka untuknya pintu- pintu surga yang delapan. Barangsiapa berpuasa sepuluh hari di bulan Rajab, maka keburukan- keburukannya diganti dengan kebaikan-kebaikan.”(HR.Thabrani).

Dan tidak hanya itu bagi yang menjalankan puasa di bulan Rajab,akan mengecap manisnya hidangan syurga sebagaimana yang diungkapkan dalam hadits.sesungguhnya disyurga ada suatu sungai yang bernama ‘Rajab’, warnanya lebih putih dari susu,rasanya lebih manis daripada madu, barangsiapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab,maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu. (HR.Bukhari dan muslim).

Berikut niat puasa Sunnah Rajab:

َنَوْيُتَصْوَمَغٍدَعْنَأَداِءُسَّنِةَرَجَبِللِهَتَعاَلى

Nawaitushoumaghadin‘anada-isunnatirojabalillahita‘ala.

Artinya: ‘Aku berniat puasa sunnah Rajab besok hari karena Allah Taala’.

Adapun Manfaat dari puasa Rajab, yaitu:

1. Seperti Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh.Dalam hadist riwayat At-Thabrani, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.”

2. Dicatat Amalnya Selama 60 Bulan, Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang puasa selama 60 bulan.”

3. Puasa Rajab selama 7 hari akan ditutup pintu neraka

4. Puasa Rajab selama 8 hari akan dibuka 8 pintu surga untuknya.

5. Puasa Rajab 10 hari akan dihapus dosa-dosanya dan diganti kebaikan

6. Puasa sehari pada bulan Rajab akan mendapat air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Jadi sudah jelaskan Puasa Rajab disunnahkan berapa hari? Jangan lupa amalkanya!

Penulis: Utia (Mahasiswa STEI SEBI)