Pembukaan MUNAS ASPEKSINDO Akan Dilaksanakan di Atas Kapal Perang TNI AL

Aspeksindo
Pembukaan MUNAS ASPEKSINDO Akan Dilaksanakan di Atas Kapal Perang TNI AL. (Foto:Istimewa)

Jakarta – Musyawarah Nasional (MUNAS) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) akan diselenggarakan di atas Kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI Semarang-594 pada 8 – 10 Oktober 2021 di Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

“Sebagai bentuk Kolaborasi ASPEKSINDO dengan TNI Angkatan Laut (AL), nantinya pembukaan kegiatan MUNAS Ke-2 ASPEKSINDO akan diselenggarakan di atas Kapal Perang KRI Semarang-594,” Ungkap Andi Fajar Asti selaku Direktur Eksekutif ASPEKSINDO.

Masih dikatakannya, rencananya Musyawarah Nasional (Munas) II ASPEKSINDO akan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo dan di hadiri oleh ratusan Kepala Daerah Anggota ASPEKSINDO dari Seluruh Indonesia.

Di tempat berbeda, Ketua Umum ASPEKSINDO, Abdul Ghofur Mas’ud menyampaikan Pembukaan Kegiatan Munas II ASPEKSINDO yang dilaksanakan di atas Kapal Perang KRI Semarang-594 sebagai upaya membentuk kultur Maritim.

“Pembukaan MUNAS II ASPEKSINDO yang dilaksanakan di atas Kapal KRI Semarang-594, ini selain bentuk kolaborasi dengan TNI AL adalah sebagai upaya membentuk kultur dan gaya hidup maritim yang dimulai dari membangun mindset maritim,” ungkap Ghofur yang sering disapa AGM.

Aspeksindo
Pimpinan Aspeksindo saat beraudiensi dengan Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono. (Foto:Istimewa)

“Nantinya ASPEKSINDO juga akan mendorong Program Kampung Nelayan dan Kapal Pemuda Kebangsaan yang semuanya adalah upaya kami dalam menjaga dan mencintai maritim Indonesia demi mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” lanjut AGM.

Sedangkan Kepala staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan Apresiasi kepada ASPEKSINDO atas kolaborasinya dengan TNI AL.

“Bagi kami apa yang diperjuangkan oleh ASPEKSINDO dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sudah sejalan dengan TNI AL. Oleh karena itu kolaborasi yang telah dibangun ini diharapkan akan dapat berlangsung secara berkesinambungan sehingga terus dapat meningkatkan sektor Kedaulatan Maritim Indonesia,” imbuh Laksamana Yudo Margono.

Menurut Yudo, setidaknya ada dua program kita bisa kolaborasikan yaitu Kampung Nelayan dan Kapal Pemuda Kebangsaan yang bisa digarap mulai tahun 2022.

Untuk diketahui, Munas II ASPEKSINDO dirangkaikan dengan berbagai kegiatan dan lomba yaitu Duta Maritim Indonesia, Lomba Mars ASPEKSINDO, Master Chef ASPEKSINDO, Festival Film Dokumenter ASPEKSINDO, mancing mania, ASPEKSINDO Award, Gerakan Sejuta Vaksin, dan city Tour. (Andi)